The 3rd Generation of SAPU ANGIN

Hari ketiga Kompetisi : 6 Juli 2012
Tim berangkat bersama dari hotel pukul 08.00. Seperti biasa manajer ITS Team 1 dan 2 serta driver segera mengikuti technical briefing sedangkan sisanya langsung menuju menuju paddock untuk persiapan.   
Terjadi beberapa insiden yang menambah berat kerja tim pada hari ketiga kompetisi berlangsung. Pertama, sesaat setelah tiba di paddock ITS Team 1 segera mempersiapkan SAPU ANGIN 6 untuk race. Namun, tiba – tiba ada sejumlah kabel yang terbakar yang terletak di bawah jok driver. Kontan saja kejadian tersebut sedikit membuat ITS Team 1 panik dan menjadi pusat perhatian sejumlah tim lainnya dari berbagai negara yang letaknya memang berdekatan dengan paddock ITS Team 1. Fire extingusher disemprotkan ke bagian yang terbakar dan emergency shutdown dihidupkan untuk mematikan seluruh arus listrik pada SAPU ANGIN 6. Karena kejadian tersebut tim harus bekerja seharian menyetting kelistrikan SAPU ANGIN 6 dan belum berhasil race pada hari ketiga ini.
Kedua, saat itu ITS Team 2 sudah menyelesaikan race kedua dan ketiga dan berhasil memimpin klasemen sementara di kelas urban concet FAME dengan perolehan 151 Km/liter. Sejumlah anggota ITS Team 2 sejenak keluar dari paddock untuk beristirahat sejenak mengingat sebentar lagi paddock akan ditutup sambil melepas lelah sedangkan sisanya tinggal di paddock. Saat itulah terjadi kebakaran pada sejumlah kabel kelistrikan SAPU ANGIN 7. Anggota tim yang masih di paddock langsung membuka penutup belakang mobil SAPU ANGIN 7 dan menyemprotkan fire extingusher. Setelah diselidiki penyebabnya adalah kelalaian tim mematikan emergency shutdown sehingga solenoid penarik governor selalu dalam keadaan “ON”. Akhirnya karena beban berlebih pada solenoid, akhirnya mengakibatkan panas berlebih yang memicu kebakaran. Untungnya segera diketahui oleh anggota tim sehingga kerusakan yang terjadi tidak begitu parah.
Mengenai perolehan pada race pertama, akhirnya ITS Team 2 melaporkan keganjilan tersebut kepada Shell Ambassador kemudian diteruskan ke bagian technical inspection. Ternyata dugaan ITS Team 2 benar. Perhitungan race pertama kemarin tidak valid karena ada error pada software yang digunakan untuk perhitungan konsumsi bahan bakar. Namun karena hasil konsumsi race pertama kemarin lebih buruk dari race kedua dan ketiga sehingga tidak ditampilkan angka pastinya oleh panitia. Akhirnya ITS Team 2 bisa bernafas lega melihat revisi panitia tersebut.




















                                     Perbaikan Setelah Insiden "Kabel Terbakar" pada SAPU ANGIN 6

                             Perbaikan Setelah Insiden "Kabel Terbakar" pada SAPU ANGIN 6 (Bag.2)

                      SAPU ANGIN 7 Menuju Ke Technical Team untuk Pengukuran Bahan Bakar Setelah Race ke -3



















































Leave a Reply