About ITS Team

We are the third generation of ITS Team that participate at Shell Eco Marathon Asia 2012 Competition in Sepang, Malaysia. Our target is 1 liter of fuel can be used to travel until at least 2,500 km for prototype class (Sapu Angin 6), and 1 liter of fuel can be uses to travel until at least 700 km for urban class (Sapu Angin 7).

Urban Car Specification

SAPU ANGIN 7 Chassis : Aluminium Alloy Engine : 210 CC Fuel System : Direct Injection Fuel : Diesel Fuel (FAME) Transmission : Sprocket Chain System Steering System : Ackermann Steering Brake : Hydraulic Disk brake

Prototipe Car Specification

Sapu Angin 6 Chassis : Aluminium Alloy Engine : 65 CC, PAIJO EVOLUTION PEV-03 (Internal Combustion) Fuel System : Electronic Fuel Injection (Indirect Injection) Fuel : Gasoline Transmission : Pulley - Belt System Steering System : Ackermann Steering Brake : Hydraulic Disk Brake

The 3rd Generation of SAPU ANGIN

Posted on Tuesday, January 31, 2012
Click the image for bigger preview
ITS Team Shell Eco-Marathon 2012
Read More
Posted on

Mungkin banyak di antara kita yang bertanya-tanya: "Bagaimanakah perkembangan dari pembuatan prototip Urban Car dan Prototip Car ITS Team?"

Urban Diesel Car(Sapu Angin 7) mengalami kemajuan yang pesat dalam pembuatan prototip, mulai dari pemotongan aluminum yang digunakan untuk sasis hingga perakitan dan pengetesan kekuatan sasis saat dipasang mesin diesel yang menyala dan pengendaranya.

Beriku beberapa foto dari progress Urban Diesel Car:






Salah satu praktek pemotongan alumunium yang digunakan untuk perakitan sasis







Mulai dari pemotongan hingga tes daya getaran semuanya berjalan cukup lancar baik dari segi keamanan maupun hasil yang telah didapat. Mesin yang dipakai pada Urban car adalah mesin diesel produksi Yanmar. Mesin ini terbukti sangat bagus dan menghasilkan getaran yang lebih ringan dibandingkan pada mesin diesel yang digunakan pada mobil Sapu Angin Sebelumnya (terbukti pada saan dilakukan tes.)


Bagaimanakah dengan progress dari Prototip Gasoline Car(Sapu Angin 6)?
Hingga saat ini progress dari Prototip Gasoline Car sudah mencapai perakitan sasis. Namun, tantangan terbesar dari mobil  ITS team yang satu ini adalah pengembangan Mesin PAIJO generasi berikutnya yang akan dipasangkan pada mesin ini. Maka karena itu proses akan berjalan lebih lama dibandingkan dengan proses yang sudah dilakukan Urabn Diesel Car sejauh ini. Penasaran dengan foto-foto progres Prototip Gasoline Car? It'll be Coming Soon! So, keep in touch with us, guys!
Read More